Pemilihan Peralatan Olahraga Panahan

Olahraga panahan merupakan salah satu jenis olahraga yang mengasyikkan. Olahraga ini termasuk ke dalam olahraga ketepatan. Dalam olahraga panahan, pemanah harus bisa menembak sasaran setepat mungkin. Untuk melakukannya, pemanah harus rajin berlatih dan memiliki berbagai peralatan pendukung yang mumpuni. Berikut akan dibahas mengenai peralatan yang harus dimiliki agar bisa terjun dalam olahraga ini.

Personal Equipment

1. Bow

Alat pertama yang harus dimiliki oleh calon pemanah adalah bow. Ini dikarenakan pemilihan anak panah akan sangat bergantung kepada bownya. Bow sebaiknya yang laminasi, sentershoot, dan mempunyai working recurve.Ada dua jenis bow utama yang bisa digunakan untuk menembak sasaran atau berburu, yaitu single piece bow dan take down bow.

Take down bow lebih disukai karena lebih mudah untuk disimpan dayau dibawa-bawa.untuk pemula, take down bow memiliki keuntungan lebih karena dapat ditambah limb-limb baru secara bertahap daripada membeli bow yang lengkap. Demikian halnya untuk pemanah yang suka target dan berburu, dapat menggunakan handle riser yang sama dengan 2 set limb, daripada menggunakan 2 bow, untuk mengurangi perbedaan berat (draw weight).

Terdapat dua hal yang harus diperhatikan saat membeli bow, yaitu draw weight dan length. Draw weight yang paling baik untuk pemula adalah 15 sampai 25 pound. Sedangkan untuk lenghtnya, supaya stabil dianjurkan tidak ada bow yang kurang dari 58 #. Panjang bow yang disukai tergantung pada panjang archer’s draw, karena orang dengan short draw akan mempunyai penampilan yang maksimal dengan bow yang lebih pendek. Panjang bow yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  • 60-64” untuk orang dengan draw 24” atau kurang.
  • 65-66” untuk orang dengan draw 25-26”.
  • 67-68” untuk orang dengan draw 27-28”.
  • 69-70” untuk orang dengan draw 29” atau lebih.

2. Bow String

Pemanah pemula sebaiknya menggunakan string yang terbuat dari Dacron dengan center serving dari nilon (mulfilament nylon serving thread). Ini dikarenakan string yang center servingnya terbuat dari monofilament nylon dapat membuat jari-jari sakit dan menimbulkan masalah teknis lainnya.

Dengan demikian, monofilament tidak dianjurkan bagi pemula. Bow string terdapat dalam beberapa varian warna. Untuk memilihnya, Anda dapat meminta bantuan shooter untuk mencoba beberapa di antaranya, kemudian pilihlah warna yang paling enak dilihat. Nomor atau jalinan stand dalam string sebaiknya sebagai berikut.

  • 8 untuk bow sampai 20 #.
  • 10 untuk bow antara 20 sampai 35 #.
  • 12 untuk bow antara 35 sampai 45#.
  • 14 untuk bow antara 45 sampai 55#.

Panjang bow string menentukan tinggi string. Untuk straight bow atau bow lurus, tinggi string biasanya antara 6 sampai 8 “. Semi recurry bow adalah jenis yang biasanya dipakai untuk kelas-kelas pemula. Untuk jenis ini, biasanye memerlukan tinggi string sekitar 6”. Bila si pemanah menembak satu atau lebih bow yang mahal yang  mempunyai working recurry, dia sebaiknya menggunakan range string 4 sampai 4,5” lebih pendek daripada bow.

3. Item tambahan untuk Bow

Terdapat beberapa item tambahan untuk bow yang digunakan, yaitu sebagai berikut.

a. Arrow rest

Arrow rest mungkin sudah terpasang pada bow. Bila diperlukan, Anda bisa membeli adhesive back arrow rest yang bisa dibongkar pasang. Rest ini juga harus memiliki beberapa jenis pressure point, namun jika tidak ada, maka Anda harus menambahkannya.

b. Bow Sight

Untuk pemula, strip adhesive back insulasi yang ditempatkan di muka bow dan sebuah big head straight pin sebagai sight pin sudah cukup baik.

c. Kisser Button

Button yang dijual biasanya terbuat dari plastik atau karet yang tahan lama dan efektif. Button yang lebih besar harus ditrim supaya memenuhi peraturan turnamen. Kisser button juga dapat dibuat dengan cara memotong ban truk bagian dalam. Lubang untuk string dapat dibuat dengan jepit rambut dan stringnya ditarik lewat lubang itu.

d. Level

Level digunakan untuk mengecek apakah bownya vertical atau tidak. Jika tidak, maka tidak dapat digunakan dalam turnamen.

e. Nock Locator

Noct locator yang cukup baik digunakan adalah dental floss (semacam pasta gigi). Jika ingin kualitas yang sangat baik, maka bisa menggunakan metal nock locator yang tahan lama, meski harganya cukup mahal. Zat ini dibubuhkan pada string dan diklem di tempatnya dengan alat khusus.

f. Pressure Point

Pressure point dipakan untuk memperoleh arrow flight yang optimum. Pressure point ini bisa dikembangkan maupun dikempiskan.

g. Stabilizer

Target bow yang baik memiliki stabilizer yang sudah terpasang sejak awal.

h. String Peep

Alat ini digunakan untuk meluruskan string. Namun, alat ini tidak mutlak dimiliki karena dalam turnamen pun alat ini tidak digunakan

i. Arrow

Ada 3 jenis arrow yang biasa digunakan dalam olahraga panahan, yakni yang terbuat dari kayu, fiberglass, dan alumunium. Tiap jenis arrow memiliki karakteristik tersendiri dan menghasilkan penampilan yang berbeda dengan bow yang sama. Dalam membeli arrow, ukuran shaft dan bow harus dipertimbangkan. Panjang draw dari shooter menentukan yang mana ukuran shaft yang terbaik karena panjang arrow dapat mengubah rusuk dari ukuran shaft tertentu.

Untuk menentukan draw length sangatlah mudah, caranya dengan menaruh arrow yang sudah ditandai dalam inchi. Bagi pemula, pilih panjang draw yang satu inchi lebih panjang dari ujung bow. Jika panjang sudah ditentukan, pilih ukuran arrow yang tepat.

Untuk memilih berat bow yang tepat dapat dilakukan dengan cara melihat manufacture  spine arrow yang diinginkan. Bila diperlukan, cobalah arrow sebelum membelinya. Banyak perkumpulan pemanah yang memiliki koleksi berbagai arrow dengan beragam panjang dan ukuran.

  • Arrow dari Kayu

Arrow yang paling mudah didapat adalah yang terbuat dari kayu. Namun, arrow ini tidak tahan lama karena dapat diserang rayap, terutama jika disimpan di tempat lembap. Arrow dari kayu biasanya dipakai oleh pemburu karena hanya digunakan untuk satu musim saja dan seringkali hilang saat digunakan ketika menembak buruan. Beberapa negara melarang penggunaan arrow fiberglass dan alumunium  untuk berburu.

  • Arrow Fiberglass

Jenis ini merupakan pilihan yang paling pas untuk pemanah pemula, namun harganya cukup lumayan. Arrow jenis ini tidak melengkung, tapi dapat patah jika mendapat tegangan atau tekanan  yang besar. Untuk pemanah parttime, arrow jenis ini lebih tahan lama. Tapi, untuk target shooting, arrow ini lebih berat dari alumunium sehingga pemanah akan kesulitan untuk mencapai jarak yang jauh.

  • Arrow Alumunium

Arrow jenis ini dinilai sebagai arrow terbaik dibanding dengan kedua jenis lainnya, yaitu arrow kayu dan arrow fiberglass. Arrow ini biasanya digunakan untuk keperluan turnamen. Arrow ini dapat melengkung, tetapi dapat diluruskan kembali jika tidak ada bekas tekanan.

Untuk jenis fletchingnya sendiri bisa dipilih sesuai selera. Biasanya fletching dari bulu adalah pilihan terbaik untuk pemanah pemula dan pemanah indoor. Selain yang terbuat dari bulu, fletching dari plastik pun cukup baik dan tahan lama karena tidak mudah rusak meskipun terkena air atau hujan.

j.  Aksesori Lainnya

Terdapat beberapa aksesori tambahan lainnya yang biasa digunakan dalam olahraga panahan, di antaranya arm guard, glove, sling, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa perlengkapan dasar yang biasa digunakan dalam olahraga panahan. Jika Anda berencana untuk mencoba olahraga ini, maka alat-alat dan aksesori tadi perlu dimiliki. Semoga bermanfaat.

10 comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

top