Serunya Bermain Panahan

Kliping olahraga panahan masih jarang menjadi pembahasan karena jenis olahraga ini membutuhkan alat khusus dan lapangan yang luas. Panahan adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan alat berupa busur dan anak panah. Dalam permainan atau perlombaan panah, para pemain harus menembakkan anak panahnya sesuai dengan target sasaran yang sudah di tentukan.

Bukti sejarah menunjukkan bahwa olahraga panahan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu.Pada awalnya panah digunakan sebagai alat untuk berburu dan dijadikan senjata perang. Di Indonesiaolahraga jenis ini memang jarang dimainkan, namun atlit panahan Indonesia pernah meraih perak di kejuaraan olahraga dunia (olympiade) yaitu: lilies handayani, nurfitriana saiman dan kusuma wardhani yang berlatih dibawah bimbingan atlit panah senior donald pandiangan.

Kliping olahraga panahan yang akan dijelaskan berikut ini mungkin akan membantu anda untuk mengetahui lebih dalam olahraga ini. Selain membutuhkan lapangan yang luas, olahraga ini juga membutuhkan peralatan pendukung. Berikut kliping olahraga panahan.

Pembagian Jenis Panahan

DiIndonesia terdapat organisasi olahraga khusus panahan, yaitu: persatuan panahan Indonesia atau disingkat PERPANI. Olahraga panahan dibagi jenis-jenisnya berdasarkan alat yang dipakai dan kegiatannya.

Berdasarkan alat yang digunakan:

1. Instinctive

Instinctiveadalah panahan yang pada waktu menembak tidak boleh menggunakan alat pembidik. Busur yang digunakan harus polos. Pada jenis panah ini, menggunakan perasaan adalah kunci utama agar bisa mengenai sasaran.

2. Non-Instenctive atau Precision Shooting

Non-instenctive atau precision shooting adalah panahan yang menggunakan alat pembidik, namun pembidik yang digunakan tidak boleh elektrik, elektronik, prisma, teleskop dan lain-lain dalam artian tidak boleh menggunakan alat bidik yang membantu membidik dan melihat sasaran dengan mudah/ otomatis.

Berdasarkan kegiatannya:

1. Target Archery

Target archeryadalah panahan yang target sasarannya bergambar lingkaran konsentris, dimana setiap lingkaran diberi nilai tertentu dengan jarak tertentu.

2. Field Archerry

Field archerry adalah suatu variasi dalam permainan panahan yang sasarannya bisa menggunakan lingkaran konsentris atau gambar berbentuk binatang. Biasanya permainan panahan ini dilakukan di alam terbuka atau hutan.

3. Recretional Archery   

Recretional archery adalah jenis panahan untuk hiburan atau rekreasi. Panahan jenis ini dibagi menjadi:

  • Clout shooting adalah panahan dimana para pemanah menembak dengan jarak antara 200 sampai 240 yard ke arah titik sasaran di tanah.
  • Flight shooting adalah jenis panahan dimana pemanah harus menembakkan panahnya dengan jarak sejauh-jauhnya.
  • Golf shooting adalah jenis panahan rekreasi yang memiliki prinsip seperti permainan golf. Sasarannya adalah bola kecil dengan jarak kurang lebih 2150 yard. Tujuan panahan ini adalah menembak bola atau sasaran dengan sedikit mungkin tembakan.

Arena atau Lapangan dan Peralatan Memanah

Lapangan yang digunakan dalam permainan atau perlombaan panahan adalah area yang besar dan terbuka yang dibuat berjalur-jalur dengan lebar 5 cm. Lapangan untuk laki-laki dan perempuan dipisahkan. Tiap jalur ditandai dengan pasak yang diberi nomor dan dilengkapi dengan jarak tembak. Jarak tembak untuk pria : 90 m, 70 m, 50 m dan 30 m sedangkan jarak tembak untuk wanita: 70 m, 60 m, 50 m dan 30 m.

Tentu anda telah mengetahui dari film-film, video game, kliping-kliping olahraga atau menonton langsung pertandingannya kalau ciri khas panahan  adalah dengan menggunakan alat panah. Berikut ini akan dibahas mengenai seputar alat, lapangan dan cara bermain panahan.

Busur Panah

Busur panah yang sering digunakan terbuat dari fiberglass, karena lebih kuat dan mudah patah. Pada perlombaan busut panah yang digunakan terbuatr dari lapisan fiberglass dan kayu. Tidak ada ukuran resmi busur panah yang digunakan, namun beratnya tidak boleh lebih dari 14kg. Busur terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Arrow Rest

Arrow rest adalah bagain sandaran panah, yang digunakan sebagai landasan panah, biasanya terbuat dari bahan plastik atau bulu.

2. Arrow Plate

Arrow plate adalah pelat panah, yaitu sepotong pelat tempat arrow rest menempel. Plat ini menempel pada bagian jendela busur. Pada jenis ronde panahan tradisional, arrow rest dan arrow plate tidak boleh digunakan.

3. Blow Handel

Blow handel adalah bagian pegangan busur yaitu bagian yang terdapat pada tengah busur. Bagian ini yang bekerja memberikan pantulan. Blow handel terdiri dari dahan bagian bawah. Busur buatan luar negeri biasnya bagian ujungnya melengkung atau agak melengkung dan dibuat dari fiberglass. Lengkungan pada busur mempengaruhi daya pantul yang kuat. Sedangkan pada busur tradisional dibuat dari bahan bambu dan tidak terdapat lengkungan.

4. Bow Notch

Bow notch adalah tekik busur tempat mata tali. Tekik pada busur harus memiliki kedalaman yang cukup. Agar mata tali busur bisa dengan kuat mengkait di dalamnya.

5. Bow Sling   

Bow sling adalah bandul busur, yang memiliki fungsi agar busur tidak terlempar atau jatuh sebelum panah dilepaskan.

6.Bow Sight (Visir)

Bow sight (visir) adalah alat untuk membidik, pada panahan tradisional alat ini tidak boleh digunakan.

7. Stabilizer

Stabilizer adalah alat yang digunakan untuk menekan gerataran yang muncul pada saat busur dilepaskan. Alat ini tidak wajib digunakan.

8. Tali busur (string)

Tali busur (string) panahan sebaiknya digunakan dengan bahan yang kuat, tahan lama dan tidak mudah menyusut atau mengembang. Tali busur memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengumpul kekuatan yang dihasilkan oleh sabetan busur. Bahan tali panahan yang bagus dan cocok untuk panahan adalah tali yang dibuat dari bahan katun, dracon dan kevlar.

Mata busur terdiri dari beberapa bagian yaitu; mata tali busur adalah tempat untuk memasukkan tali busur, nocking pointadalah tempat anak panah ditempatkan dan berada sejajar pada sandaran panah, balutan tali (string serving) adalah bagian tengah tali busur dengan panjang 15 – 20 cm.

Anak Panah

Anak panah pada umumnya terbuat dari bahan fiberglass dengan penyeimbang yang menggunakan bulu kalkun. Ujung panah dibuat dari bahan baja yang tajam. Berat panah tidak melebihi 28 gram. Anak panah yang bagus dan baik digunakan terbuat dari bahan alumunium. Namun panahan yang menggunakan bahan ini hanya digunakan pada perlombaan ronde fita dan tidak boleh digunakan pada ronde perpani dan tradisional.

Bagian – bagian dari anak panah;vones (bulu), garis warna (crest), nok , bedor, gandar panah. Peralatan lainnya: perlindung lengan, tab atau glove pelindung untuk jari-jari tangan, quiver kantung atau tas tempat menyimpan busur.

Target atau Sasaran Panahan

Pada umumnya target ditancapkan ke tanah dengan posisi agak miring 150 dan tinggi titik pusat lingkaran 1,30 meter dari atas tanah. Adapun bagian-bagian dari target sasaran panahan adalah:

  1. Muka sasaran berbentuk lingkaran dan dibagi menjadi 5 zona. Tiap zona memiliki lebar yang sama dan diberi warna berurutan : kuning, merah, biru muda, hitam lalu putih. Tiap zona tersebut dibagi lagi menjadi dua daerah yang sama lebarnya dengan menggunakan garis lingkaran.
  2. Target face ditempelkan dengan menggunakan karton
  3. Jarak 90 m – 70 m – 60 m menggunakan sasaran dengan ukuran 122 cm
  4. Jarak 50 m – 40 m – 30 m, menggunakan sasaran yang berukuran 80cm.

Cara Bermain Panahan

Pada waktu menarik anak panah ke arah belakang, lengan kiri didorong keluar. Posisi tangan lurus ke depan sampai jari-jari yang menarik anak panah sejajar dengan sudut mulut. Pandangan mata harus lurus menuju sasaran. Jika bidikan sudah merasa tepat sasaran lepaskan anak panah tersebut.

Cara menembak panahan adalah dengan sikap berdiri tegak. Sedangkan pada panahan tradisional, dilakukan dengan cara duduk atau bersila. Dengan sikap tubuh yang ke depan atau ke samping serta pantat arus menyentuh alas duduk. Penembakan harus dilakukan satu arah, dimulai dari menembak jarak jauh kemudian diakhiri dengan jarak dekat yang berdasarkan urutan jarak tembak.

Posisi busur waktu memanah bisa tegak lurus ataupun miring, namun pada panahan tradisional posisi busur harus horizontal (melintang) sedatar mungkin tidak boleh miring.Demikian ulasan mengenai kliping olahraga panahan, mudah-mudahan bisa menambah informasi para pembaca.

2 comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

top