Tentang Olahraga Panahan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan perubahan gaya hidup manusia. Perkembangan tersebut, telah menghapus manfaat penggunaan peralatan yang sifatnya tradisional kepenggunaan peralatan yang serba modern. Seiring dengan itu, perkembangan ketangkasan dan dipakai sebagai senjata untuk mempertahankan diri dan menyerang. Tetapi akhir-akhir ini busur dan panah merupakan aktivitas olahraga dan rekreasi yang sudah populer dikalangan masyarakat modern.

Memanah merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh para prajurit saat berperang. Awalnya aktivitas memanah digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang menjadi senjata dalam pertempuran. Namun saat ini panahan lebih dikenal menjadi salah satu cabang olahraga.

Pemanah harus menguasai teknik memanah dengan benar agar mencapai prestasi yang maksimal. Teknik tersebut adalah sikap memanah (shooting form), yang ditinjau dari segi biomekanika tidak menyalahi hukum-hukum mekanika gerak yang berlaku. Penguasaan teknik memanah dengan benar akan memungkinkan keajegan (consistency) dalam menembak.

Seorang pemanah menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Peralatan panahan yang digunakan dalam olahraga memanah sudah tentu busur (bow), anak panah (arrow), pelindung jari (finger tab), pelindung lengan (armguard), panah (side wuiver), dan teropong (flied glasses).

Terlepas dari mana yang benar, maka yang jelas bahwa sebelum panahan menemui bentuknya sebagai olahraga seperti yang kita kenal saat ini, ternyata telah melalui masa pertumbuhan yang panjang. Melalui peranan yang berbeda-beda, mula-mula panahan dipergunakan orang sebagai alat untuk mempertahankan diri dari serangan bahaya binatang liar, sebagai alat untuk mencari makan, atau untuk berburu, untuk senjata perang dan baru kemudian berperan sebagai olahraga baik sebagai rekreasi ataupun prestasi.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

top