If Horse Riding was Easy,

it would be called Football

Mengapa Belajar Berkuda

Berkuda adalah sebuah analogi untuk kecakapan dalam hal memimpin. Seorang yang menunggangi kuda, harus memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengendalikannya. Secara alamiah, kuda adalah makhluk yang sangat kuat dan liar. Penunggang kuda, dituntut untuk mampu menaklukkan kekuatan dan keliaraan sang kuda tersebut. Jika tidak, si penunggang bisa celaka dan tidak selamat dari kekuatan dan keliaran si kuda.

Dalam kehidupan nyata, seorang pemimpin, pun pasti dihadapkan dengan kekuatan dan keliaran, yang berasal dari komunitas yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus mampu mengatasi itu semua. Dengan kecakapan dan kearifannya, ia bisa menaklukkan semua kekuatan tersebut dan merubahnya menjadi kekuatan bersama yang tentunya didahului dengan menjinakkan segala keliaran tersebut.

Menjinakkan kuda, tidak bisa dengan kekerasan, harus dengan kelembutan dan kasih sayang. Jika sudah jinak, kuda akan menjadi makhluk paling setia kepada tuannya. Begitu juga dalam hal memimpin. Seorang pemimpin harus mampu “menjinakkan” yang dipimpinnya. Dia harus mampu mengambil simpati dan cinta mereka. Caranya, tidak dengan kekerasan, tapi dengan kelembutan dan kasih sayang. Pemimpin yang disayangi dan dicintai, akan bisa membawa yang dipimpinnya ke gerbang kesuksesan dan kemakmuran.

Dengan mengajarkan kemampuan “berkuda” ini, kita menyiapkan anak untuk menjadi seorang pemimpin yang tangguh dan dicintai, entah untuk keluarganya maupun untuk masyarakatnya.

Terminologi Berkuda

Ada beberapa istilah dalam bahasa Inggris yang perlu dimengerti oleh orang kuda. Selain istilah anatomi kuda yang banyak anda ketemukan di beberapa buku referensi, istilah-istilah berikut mungkin bisa membantu anda mengerti dan memahami buku-buku berbahasa Inggris tentang kuda.

Namun juga harus dipahami bahwa dalam bahasa Inggris banyak terdapat kata-kata yang bersifat “slang” atau kata yang hanya terdapat didaerah tertentu (logat). Maka untuk itu istilah ini mungkin tepat hanya pada lingkungan atau daerah yang terbatas. Contohnya di Inggris Raya, ada perbedaan istilah colt, kuda pacu kelamin jantan dibawah 5 tahun semua disebut colt. Demikian pula istilah filly untuk kuda betina dibawah 5 tahun. Di Amerika juga ada perbedaan semacam itu.

  1. Colt : Anak kuda jantan berusia antara 1 s/d 2 tahun. Banyak orang menyebut anak kuda dengan colt , padahal colt hanya mengacu kepada anak kuda berkelamin jantan saja.
  2. Foal : Anak kuda baik jantan atau betina yang berumur dibawah 1 tahun
  3. Filly : Kuda betina umur dibawah 4 tahun
  4. Stallion : Kuda jantan yang tidak dikebiri berumur diatas 4 tahun
  5. Mare : Kuda betina berumur diatas 4 tahun
  6. Gelding : kuda jantan berumur diatas 4 tahun yang sudah dikebiri
  7. Yearling : Anak kuda yang berumur antara 1 s/d 2 tahun.
  8. Thoroughbred Horse: satu jenis RAS kuda yang dikembangkan sejak tahun 1600 khusus untuk RACE atau pacuan.
  9. Kuda Arab (Arabian Horse): satu jenis RAS kuda yang berasal dari daerah Arab, dipelihara orang untuk berbagai keperluan. Karena posturnya yang tinggi, performance yang istimewa, ketahanan tubuh (endurance), kecerdasannya, spirit maka kuda arab dipakai juga untuk berperang.

Mengapa harus di Sentul Equestrian Club (SEC)

SEC (Sentul Equestrain Club) adalah sebuah pusat tempat latihan Berkuda di Sentul City yang kelola oleh pelatih yang profesional. Dalam pengembangannya SEC bekerjasama dengan JPEC – Jakarta Perkumpulan Equestrian Centre Sentul.

JPEC Sentul adalah sebuah klub yang diperuntukkan untuk olahraga berkuda yang berlokasi di Selatan Jakarta tepatnya di Jalan Raya Pasir Maung Babakan Madang Sentul Kabupaten Bogor. Di tempat ini menyediakan fasilitas program menunggang kuda yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia dan Mancanegara dari kalangan manapun. Tujuannya adalah agar pengunjung dapat lebih mengenal kuda dan olahraga berkuda, dan dapat mencintai dan melestarikan hewan kuda di Indonesia.

When people say it’s JUST a horse, they JUST don’t understand…

Hannah

In my opinion, a horse is the animal to have.  Eleven-hundred pounds of raw muscle, power, grace, and sweat between your legs – it’s something you just can’t get from a pet hamster

---

Jangan Tunda Lagi, Segera Daftar Sekarang Juga.

Daftar

 

top